Halaman

Ingatkan Diri Anda dengan Surga

INGATKAN DIRI ANDA DENGAN SURGA


Di surga terdapat sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, dan tidak pernah terbersit di hati manusia.


Jika anda merasa kelaparan, kekurangan, sedih, sakit dan tidak mendapatkan hak yang semestinya anda terima di dunia ini atau merasa dizhalimi, ingatkan diri anda dengan berbagai kenikmatan yang akan anda dapatkan di akherat nanti. Bila anda meyakini hal ini dan berbuat sesuatu untuk tujuan ini, tentu berbagai macam kerugian ang anda alami akan menjadi keuntungan dan cobaan berat menjadi anugerah.

Orang yang paling pandai adalah orang yang melakukan segala sesuatu dengan orientasi akherat, karena akherat lebih baik dan kekal. Sebaliknya, orang yang paling bodoh di antara seluruh makhluk adalah orang yang menganggap dunia ini adalah tempat mereka, rumah mereka, dan akhir dari semua harapan mereka.


Orang yang mempunyai pola pemikiran demikian adalah orang yang paling sedih ketika tertimpa musibah dan orang yang paling menyesal ketika menghadapi bencana, sebab mereka hanya melihat kehidupan yang rendah dan hina. Mereka tidak pernah melihat, kecuali melihat dunia yang fana ini. Mereka tidak pernah memikirkan hal lain, selain kepentingan dunia, tidak berbuat sesuatu, kecuali hanya untuk dunia. Mereka tidak ingin kesenangan yang mereka miliki terganggu dan mereka tidak mau kegembiraan mereka terusik.


Sebaliknya, jika mereka membuka hijab yang menghalangi hati mereka, membuka kebodohan yang menutupi mata mereka, tentu mereka akan memberitahu diri mereka sendiri bahwa tempat di akherat adalah tempat yang kekal dan penuh dengan kenikmatan, tersedua rumah yang megah, dan istana yang agung. Mereka akan diam untuk mendengarkan keterangan wahyu tentang gambaran keindahan akherat. Demi Allah, akherat adalah tempat yang butuh kesungguhan, kerja keras, dan kegigihan untuk mencapainya.

Apakah anda pernah merenung lama tentang keadaan penghuni surga yang tidak pernah merasa sakit, tidak bersedih, tidak mati, tidak pernah sirna masa muda mereka? Di surga terdapat segala sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga, dan tidak pernah terbersih di hati manusia. 


Apabila pikiran tercurah pada kebahagiaan akhirat, tentu segala musibah akan terasa ringan dipikul; air mata yang menetes dari orang tertimpa bencana dengan sendirinya kering membeku; dan hati akan selalu berbahagia.

Wahai orang yang terjebak dengan kefakiran, orang yang lelah dengan kemiskinan, dan orang yang diuji dengan berbagai macam musibah, beramal shalihlah agar dapat mendiami surga yang telah Allah siapkan buat kalian, agar kalian dapat berada di samping-Nya, Dzat Yang Mahasuci. 

"Kesejahteraan dan kebahagiaan bagi kalian karena kalian telah bersabar dalam menaati Allah dan menerima cobaan-Nya. Surga adalah sebaik-baik tempat kesudahan." 

(QS. Ar Ra'd: 24)


Dikutip dari: Ayidh bin Abdullah Al-Qarni, "Jangan Bersedih, Setelah Kesulitan Ada Kemudahan". Irsyad Baitus Salam, Bandung, 2003.